Minggu, 06 Agustus 2017


Hi guys! This is my first post since I absence to write again for this blog :D Sebenernya blog ini dulunya adalah blog buat dapet nilai TIK pas jaman SMA sih. Tapi pas udah kuliah gini jadi pingin bikin blog, hehehe. Tapi blog ini bakal beda sama post-post sebelumnya. Mulai detik ini dan seterusnya blog ini akan berlabu dengan satu tema: Health, Beauty, and Make up. Pokoknya yang mengenai kulit gitu dee plus sama kesehatan umum tapii bukan kesehatan khusus kayak dokter menjelaskan yaa :p I am not doctor anyway, I am an English Department student!
Produk pertama yang mau aku bahas kali ini adalah facial moisturizer yang sudah kurang lebih 3 tahun lamanya menemaniku, Citra Pearly White UV Facial Moisturizer. Yaaa sebenarnya nggak sepenuhnya 3 tahun sih soalnya kayak sering diselingi beberapa moisturizer lain hehe tapi akhirnya moisturizer lainnya nggak kepake lama-lama dan balik ke citra lagi :p Sebelum pembahasan yang lebih mendalam, ada baiknya aku mengenalkan tipe kulitku terlebih dahulu yekan. Menurut mesin skin test di workshop wardah, tipe kulitku adalah normal to dry daan sedikit sensitive. Sedikitt aja tapi gak banyak. Meskipun kulitku normal to dry tapi gampang banget euy jerawatanL Salah pake skincare aja langsung jerawatan. Aku udah pakai bermacem-macem moisturizer di pasaran kayak garnier, fair and lovely, ponds, viva, hadalabo, kojie san, etude, bahkan krim dokter (dokter asli ya jadi konsultasi dulu bukan krim dokter yang beredar gajebo gak jelas siapa yang ngeracik) daaan semuanya gaada yang membuatku merasa puas sama hasilnya. Ada yang bikin breakout, ada yang gak ngefek apa-apa di mukaku, ada yang yang gak sesuai ekspektasiku, ada juga yang bikin kulit makin sensitive. Ya pokonya selama 3 tahun itu aku selingi pake beberapa pelembab itu tapi baliknya tetep ke citra ini, hehe. Yang pengen tahu kenapa aku jatuh cinta sama ini moisturizer, tetep baca ya guyss!

Hal utama yang dibahas adalah texturenya. Seperti yang dilihat di foto di bawah, texturenya emang agak tebal gitu jadi nggak creamy. Dan ini yang bikin klaim “cerah seketika”nya beneran. Tekstur kayak gini tuh bikin kayak pakai bedak gitu looo jadi meskipun kalian ngga pakai bedak pun udah oke. Cuma ya ini masalah selera sih ada yang gak suka ada yang suka. Kalau aku sih suka soalnya cuma pakai ini aja plus bedak compact hasilnya udah baguss. Sebenernya aku emang bukan tipe orang yang suka makeup tebel. Kalau keluar pun mentok pake bedak selapis doang. Cuma bedanya bedaknya Two Way Cake sih.
Teksturnya



Untuk wanginya sendiri harum tapi nggak banget sih. Aku pakai ini 2-3x sehari udah kaya minum obat, wahaha! Tahukah kalian kalau nyamuk ngga suka wewangian? Itulah mengapa lotion nyamuk baunya wangi nyengat. Nah, bau dari citra ini bisa banget jadi lotion muka anti nyamuk, seriusan! Karna rumahku gak ada ACnya otomatis nyamuk masih keliweran dong. Aku pernah pakai hadalabo kan dia fragrance free ya, jadi pas bangun bentol merah-merah bekas digigit nyamuk banyak banget, ew. Kalau pakai Citra sih engga. Pokoknya buat krim malem aku mau yang berbau, hahahaha! Oh iya katanya ada yang bilang kalau nyamuk ga suka itu berarti krim berbahaya. Ya engga mesti sayang. Iya sih krim bermerkuri bikin nyamuk pun ogah sama kulit kita. Tapi Citra kan udah  terkenal namanya, jelas perusahaannya, ber BPOM, dan dijual di hypermart dan mart-mart besar lain jadi pasti aman kok! Bedanya Citra sama krim merkuri, kalau Citra tuh Cuma pas kita oles aja nyamuk ogah karna fragrance-nya tapi kalau krim merkuri, kalian posisi gak pakai tuh krim pun nyamuk udah ogah duluan soalnya tekstur kulit kalian sudah rusak. Begitu dehhh. Ati-ati ya Citra juga pernah di palsuin dan diciduk sama BPOM. Yang palsu biasanya kelihatan sih jadi mereka pemalsu bikin Citra krim mutiara siang sama malam. Padahal, Citra varian ini Cuma yang facial moisturizer aja dan bisa dipakai kapanpun suka-suka kamu.
Hasil dari krim ini matte dan ada glitternya gitu. Glitter ini yang bikin muka lebih ter-shape jadi lebih enak dipandang. Ini juga bisa jadi point positive atau negative sih tergantung orangnya. Ada yang suka ada yang engga. Oh iya, bagi yang kulitnya oily atau super oily, aku sarankan jangan pake ini. Kebanyakan sih yang kulitnya oily nggak cocok soalnya bikin minyak makin menjadi. Tapi karna kulitku normal to dry ya enak aja dipakainya :p 

Kalau dilihat dari kandungan krim ini, aku cuma bisa ngerti beberapa bahan aja, hehe. Tulisan ingredientsnya ada di dus nya sih tapi kebuang udahan wkwk. Ini aku foto kan bahannya dari yang kemasan sachet yang aku punya. Bahan yang bagus yang aku tahu yaitu: Niacinnamide, Silica, Pearl extract, dan Titanium Dioxide. Niacinnamide disini merupakan vitamin B3. Vitamin ini khasiatnya memperbaiki tekstur kulit, merawat jerawat, dan mencerahkan. Sayangnya, kalau efek mencerahkan vitamin ini kalah sama vitamin C. Niacinnamide biasanya dipakai buat obat jerawat juga loh sama merawat bekas jerawat. Good news, niacinnamide di Citra kandungannya 5 terbesar yang berarti kandungannya lumayan banyak. Next, Mica juga bagus buat moisturizer. Silica membantu kulit buat memproduksi lebih banyak collagen. Pada tau collagen apa? Semakin tua, collagen di kulit akan semakin sedikit dan munculah tanda penuaan: keriput dan kering, sedangkan pada bayi yang kulitnya halus banget, mereka punya collagen yang sangat besar. Jadi, sudah tahu sekarang fungsi utama collagen? Pearl extract yang terkandung di Citra ini merupakan glitter di krimnya yang buat bling-bling gitu. Sedangkan, titanium dioxide adalah bahan buat UV filter. Karna disini tidak disebutkan spf berapa dan urutan penyebutan titanium dioxide berada di middle to low position, jadi kayaknya kandungannya nggak banyak. Aku juga pernah pakai krim ini lalu panas-panasan sekitar 2-3 jam dan sudah bikin belang. It means, kandungan spf dan PA nya kecil jadi perlu apply sunscreen lagi atau bedak ber spf dan PA. Kalau aku sendiri sih biasanya langsung oles bedak ber spf, hehe.
Terakhir adalah bahas result. Sudah aku sebutkan diatas kalau aku nggak selalu pakai moisturizer ini dengan alasan: pingin coba yang lain. Dan yang tadi aku bilang, akhirnya aku balik lagi ke sini. Alasan utama kenapa aku pake ini karna klaimnya mencerahkan itu terbukti banget di aku. Habis satu pot aja udah mendingan kok mukanya lebih cerah. Dulu pas libur habis SMA menuju kuliah, rutin pake ini dan jarang keluar, semua orang yang dulu bilang aku SMA dekil jadi bilang mukaku bersih dan cerah, sumprit! Bahkan temen kuliahku pas kenal aku saat maba, mereka bilang mukaku putih (ini sih lebay). Setelah aku gak pakai krim dokter, mukaku juga kusaaaam banget lebih kusam dari kulit asliku jadi kalau bedakan kelihatan banget kontras padahal dulu engga. Tapi abis aku rutin pakai ini habis satu pot lebih dikit mukaku membaik banget. Pokoknya suka banget deh sama hasilnya! Kayaknya gak bakal ganti pelembab lagi deh kecuali ada yang lebih menggoda wkwk. Oh iya, untuk satu pot yang berisi 50 gr dan habis sekitar sebulanan kamu cukup beli 27ribu an atau 30ribuan kalau beli di Indomaret atau Alfamart. Hasil biasanya lebih maksimal kalau pakai facial foam seri yang sama.
+ Mencerahkannya berhasil banget
+ Cukup lembab untuk kulit normal to dry
+ Murah
+ Cepat kering jadi applynya harus cepat
+ Hasilnya matte dan berglitter, mirip kayak pakai bedak
+ Gak bikin breakout!
-Oil controlnya gak seberapa, kurang cocok untuk yang oily
-Kalau keringetan di jam-jam awal kayak luntur gitu

Rate: 4.9/5
Repurchase? YES!
Recommend? Aku ngerekomendasikan buat kulit yang normal atau kering, yang nggak paranoid sama bau-bauan dan paraben, suka hasil matte, dan gak masalah kalau abis dipake berasa kayak pakai bedak.


UPDATE 1 APRIL 2018!!!
Jadi aku baru sekitar 2minggu ini balik ke pearly white karna masalah jerawatku sudah teratasi sepenuhnya. Aku baru berani pakai pearly white lagi sesudah aku ga jerawatan lagi lebih dari sebulan. Pas aku coba pertama kali aku kaget aja gitu bau dan teksturnya jadi beda dari pearly whiteku sebelum2nya. Teksturnya diganti ternyata pemirsaaaah. Ga cuma tekstur, baunya juga beda. Baunya jadi nyegrak bau kimia gitu yang beneran aku ga suka deh bau kayak gini. dulu sih salah satu alasan aku suka banget pake krim ini karna baunya itu nenangin banget habis dipakai. Tapi kalau sekarang? Hmmmmmmmmmm. Teksturnya lebih halus sekarang tapi lebih susah dibaurin buat aku (gatau ini kenapa aneh deh di aku huhu). Emang hasilnya lebih matte gitu dan lebih nahan minyak karna di postku diatas kan bilang dia ga seberapa kontrol minyak ya kan? Tapiii aku tetep gasuka karna dia bikin ke sensitifan kulitku kambuh. Pas di apply pertama kali jadi kayak panas-panas gitu ke kulit padahal versi lama lebih enak dan ga bikin panas huhu. Terus nih yang bikin bete banget adalah muncul komedo putih bahkan jerawat pustule di mukaku:( minggu pertama pemakaian masih muncul komedo putih2 gitu sih dan cepet ilang jadi aku masih ngewajarin. Tapu 2 hari terakhir ini dia bikin mukaku keluar jerawat pustule di pipi:((((((((( sedih banget rasanya. Tau kan jerawat pustule itu apa? Jerawat karna iritasi produk (kebanyakan) atau kurang menjaga kebersihan muka. Tapi aku yakin citra ini penyebab jerawat di mukaku. Kenapa? Karna dia satu2nya produk baru yang 'nemplek'manja di mukaku. Kedua, karna komedo putih2 yang muncul sebelum ini selalu muncul di tempat dimana aku pake citra lebih banyak daripada area lain. Nah kebetulan nih malam hari sebelum jerawat pustule ini nongol, aku pake citra malam harinya banyak gitu dan langsung muncul jerawat pustule huhu.  Terakhir, kalau bilang mungkin aja jerawatnya karna kurang jaga kebersihan, gini yaaa. Aku selalu triple cleansing kalau pakai makeup tebel atau sedang atau pake sesuatu yang lebih dari compact atau loose powder misal bb cream. Itupun pas aku wash muka aku pake facial cleanser selalu minimal 2x cuci muka. Jadii kayaknya ga mungkin deh kalau karna kurang jaga kebersihan. Dari semua alasan diatas, Aku sih berasumsi kalau citra ini penyebabnya. Huhuuuu. Citra balikin ke formula awal dong yaπŸ˜‚ males cari moisturizer lain masa hmm. Inti update kali ini adalah gini: CITRA PEARLY WHITE SRKARANG FORMULANYA BEDA JADI BISA AJA YANG DULU COCOK JADI GA COCOK DAN BERLAKU SEBALIKNYA. KALAU AKU SIH GA COCOK SAMA FORMULA BARU. KALAU KALIAN?

42 komentar

Informatif banget kak reviewnya ^_^ jadi pengen nyoba biar gak digigit nyamuk, hhhee... www.pesonacleopatra.com

REPLY

Iih kak, aku baru pake ini. Kupikir bahaya 😁 ternyata setelah baca reviewnya kaka jadi tenang deh.

REPLY

Saya baru pakek beberapa hari muncul jerwat kak. Apa itu purging apa break out. Tpi jerawatnya tuh nggak banyak satu persatu di daerah bawah pipi sama dahi. Nggak sakit. Pliss reply kak�� thx❤

REPLY

Pengen pake tapi takut mboan enggak cocok hehe

REPLY

Udah nyoba selama sebulan, tapi menurut aku kurang bagus, soalnya pas aku pake muka ku jadi kaya beruntusan gitu dan ngerasa panas setelah pakai itu, selain itu di krim nya gak di klaim kalo itu untuk kulit normal, berminyak atau sensitiv, kurang worth it buat aku

REPLY

Udah nyoba selama sebulan, tapi menurut aku kurang bagus, soalnya pas aku pake muka ku jadi kaya beruntusan gitu dan ngerasa panas setelah pakai itu, selain itu di krim nya gak di klaim kalo itu untuk kulit normal, berminyak atau sensitiv, kurang worth it buat aku

REPLY

Saya jg skrg pke citra mlh mukaku gatel perih kluar bintik2 merah trus panas bgt di muka ku baru beli satu minggu yg dr dlu mukaku alus bgt skrg mlh bruntusan jg gatel bgt sakit panas perih, skrg mlh jdi sedih bgt loh ku jg sm pke citra yg ini

REPLY

Lo yg dulu itu enak dipake terus mlh mukanya kya krelip2 mutiara gitu bgus enk yg skrg aduch ku trus g brni pake lg skrg ku buang takut rusak mukaku ini ja dah kasar jadinya

REPLY

Iya kak aku dlu makai citra hazeline pearly white bubuk cina tpi skrg ga lagi. Dan mau balik ke barang itu tpi kok di daerah aku gak ada lagi yg citra hazeline pearly white. Apa ganti tulisan sma kemasan depannya ya ka? Soalnya yg aku temuin itu yang citra pearly white uv mosturizer

REPLY

Kalo aku muka y di daerah hidung dahi sama dagu yg berminyak, bakalan ccok ga yaah. baru beli juga

REPLY

Sama aku paket citra ke wajah tuh panas n cenat cekit binggung lanjutin apa enggak ya ..

REPLY

Awal nya doang sih panas bikin gatel & kadang keluar jerawat tapi setelah di berhentiin dulu baru pakai lagi..alhamdulillah cocok gak ngerasain apa" lagi mungkin yg awal pemakaian bsa di bilang purgging karena sblmnya qta ufh pakai kosmetik yg sblmnya..

REPLY
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Aku udah makai citra hazeline kukura lebil 9 tahun, alhamdulillah sampai sekarang aman2 saja☺️

REPLY

Aku pake citra udah 2 tahun aman aman saja, jerawat bersih dan wajah jd cerah. Tapi dicampur sama pil atom sih, makanya wajah bisa bersih dr jerawat

REPLY


pil atom itu yg bagaimana sih? di google kok gaada gambarnya ya? dan apotik gaada yg tau

Balas

REPLY

Masih setia dengan produk skincare citra ini selama 4 tahun lebih dan efek gliter nya yang bling bling gt deh yg bikin makin cinta

REPLY

Sekarang ga glowing lagi kak.sedihhh padahal dulu wajah jadi bersinar apalagi klo kna cahaya matahari wkwkwk.tpi skrng malah ga glowing dan menimbulkan jerawat di kening

REPLY

Kak aku makek kok mukaku malah gatal gatal dan timbul bintik bintik dan kasar dan mukaku jadi warna merah kenapa ya atau mungkin gak cocok kali yaa

REPLY

sama. aku juga kek gt. awalnya gak cocok pas berhenti in dulu. coba product lain eh balik lg sama product citra ini alhamdulillah kesni nya gak ngerasaiin apa2, emang ad sih jerawat yg muncul satu dua tpi gak usah di jahilin diamin aj. ntr hilang sendiri. baru pemakaian 2 bulanan muka ku cerah gak mesti make up. ataupun makai kosmetik yg lainny.

REPLY

Iya bnr. Yg pake tutup baru wrna putih tekstur nya gak sama kyk yg dlu. Dan skrg malah gak ngefek apa2 ke muka. Gak matte hasilnya dimuka aku. Gdak glitter2 nya lagi. Terus tekstur nya bkin mukaku makin berminyak. Pdhl dlu brhasil bgt bkin mukaku matte dan glowing. Balikin kyk dlu lagi dong.... Hiks hiksss

REPLY

Alhmdukilh cocok di kulit muka ku πŸ˜‚πŸ˜‚ udah Satu tahun saya pke ini Muka jadi cerah muluss . Dan bnyak banget yng nannya. Pake apa ? Mreka nyangkanya aku pake orodak yang mahal . Ya aku rutin aja . Gak pernh ganti2 .

REPLY

Hallo kak. Aku juga udah pake citra ini lebih dari 8 tahun. Kelas 6sd aja udah dikasih mama pelembab ini .bahannya ringan dan bagus banget daripada make cream2 yg gak jelas bikin bahaya kulitt

REPLY

Alah aku make same aje kok tak ada perubahan ape2...yo trrgantung kulit kite kalik😊😊em,

REPLY

Aku baru make pertama kali kok panas ya kak dimuka

REPLY

duhh .. aku baru mau pake nii . baru aja beli . tp litt review nya dlu sblm make (tapi dah sempat kebeli luan baru keingaet nge'review nya haha ) .
aku jdi takut la muka aku jdi kerasa panas dn jdi merah .. soalnya muka ku sensitive bgtt .. .

REPLY

Iya ka.. Aku pun udah pakai pelembab citra hazeline lebih kurang 7 tahun, alhamdulillah cocok banget, pernah ya ganti ke produk lain, ternyata mukaku jadi tambah kusam, dan akhirnya kembali dan menetap ke citra. 😻

REPLY

Makasih banget kak Reviewnya..awalnya mau pake ini terhubung kakak bilangnya ndak cocok ama kulit yang oil.. Jadu kayaknya pake yang green tea aja deh.. Hehehe love you kak

REPLY

Aku udh pake ini sih dr awal masuk SMA. Sebelum pake paket facial foam sama moisturizer dr citra aku sempet gonta ganti karna belum ada yg pas. Tp pas nyoba pake ini muka ku alhamdulillah lebih mendingan dibanding sebelumnya, sampe temen ku ada yg bilang kalo muka ku glowing gt wkwkw

REPLY

Citra nya yg tutup putih apa pink kak

REPLY

Kalo kulitnya yg oily pakek yg variant anti acne, citra yg green tea anti acne bisa buat kulit oily cenderung berjerawat juga, trus juga bisa ngilangin bekas jerawat juga. Aku udah pakek 1 minggu alhamdulillah jerawat ku kering semua

REPLY

Pertama kali makek mouiturizer itu ya citra ini sumpah dulu itu ngefek banget waktu masih sd mukaku buluk terus smp pakek ini jadi cerah banget sampek akhirnya sma udah ganti produk malah nggak ngefek apa-apa apalagi banyak kegiatan makin kusem akhirnya balik lagi ke citra tapi kok nggak sebagus yang dulu nggak ngefek sama sekali

REPLY

Bermanfaat kak untuk calon maba ini :v wkwkw. Terimakasih udah sharing:)

REPLY

Benar sekali..aku jg kaget pas pakai produk yg baru ini...tb2 muka aku jerawatan..td nya sih aku mikirnya mmgkin karna faktor makanan..tp pas aku dah stop makan makanan yg berlemak dan berminyak...ehh..kok masih tetap aja tuh jerawat nongol di wajah..nah..kayaknya ini emang efek dr creamnya deh

REPLY

Alhamdulillah aku pake cream dan facial foam citra pearly white uv udah 1 tahun lebih dan cocok banget, wajah kusam dan kering jadi bercahaya dan lembab

REPLY

Kalau creamnya dipakai dimalam hari boleh ngga ya?

REPLY

Pake yang tutup pink apa putih kak

REPLY

buat yang ngerasa gatel, panas, perih, dsb. coba pakenya dikit ditipisin deh

REPLY

buat yang ngerasa gatel, panas, perih, dsb. coba pakenya dikit ditipisin deh

REPLY

Sama aku jg dari 2013 pakai ini, alhamdulillah mukaku cerah terawat. Temenku jg pas aku recomin, mukanya sekarang udah cerah bersih. Cuman ya harus sabar, gak sebulan dua bulan mungkin bisa lebih setahun baru ketauan hasilnya

REPLY

Suka sangat dgn produk yg satu ini, aku sebuttin nya skincare paket simple, cukup citra pearly white moist ini sama facial foam nya citra pearly jugaa.. Hasilnya di aku cerah dalam pemakaian 2 bln.. Gak kalah sama brand brand mahal lainnya, poko nya cocok di kantong sama di wajah.. Cukup ini aja udah, plus alis dan lip serum aja.. Udah pede ke mana mana... Cream nya lembut dan dingiin di wajah... Tetap setia sama skincare ini.. Udah aman dan bpom juga..

REPLY

Kak, kenapa Citra Pearly White UV Facial Moisturizer sekarang kayak ga ada gliternya ya ?

REPLY

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes